Minggu, 13 Juli 2014

Profil Elwin Purwanto

Elwin Purwanto
Elwin Purwanto adalah salah satu mahasiswa yang menempuh pendidikan di Jurusan Fisika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Ia masuk di Universitas Brawijaya pada tahun 2010. Dalam pendidikannya, ia berencana akan menyelesaikan kuliahnya tahun 2014. Di kampus ia dikenal sebagai mahasiswa yang cukup baik (menurut penulis). Hal ini dibuktikan dengan banyaknya teman yang akrab dengannya. Di UB ia mengenal mahasiswa dari seluruh penjuru daerah di Indonesia.
Elwin (panggilan sapaan di kampus) memulai perkuliahan dengan aktivitas yang tidak banyak dilakukan oleh mahasiswa lainnya. Mahasiswa dari Bojonegoro ini sangat senang dengan dunia organisasi sehingga ketika awal masuk di UB, ia langsung mengikuti beberapa kegiatan organisasi. Dari organisasi tingkat jurusan hingga ke tingkat kampus ia selalu ikuti. Bahkan saat ini mahasiswa kelahiran 8 Mei 1992 ini menjadi pengurus pusat di Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia dengan jabatan sebagai Menteri Riset dan Teknologi.
Kampus adalah rumah kedua bagi Elwin (setelah rumah di Bojonegoro). Kampus menjadi tempat kegiatan sehari-hari baginya. Saking seringnya kegiatan di kampus, kos yang biasanya menjadi tempat nyaman bagi mahasiswa lain malah sering ia tinggalkan. Bukan karena tidak nyaman di kos, tetapi karena lebih nyamannya kegiatan di kampus. Kos hanya menjadi tempat untuk tidur dan mandi baginya. Maka tidak heran jika banyak yang menyebutnya anak kampus.

Pada tahun 2013, Elwin terpilih menjadi pemimpin di salah satu organisasi di kampus yaitu sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Brawijaya. Ia dipercaya memegang amanah ini bukan karena kemampuan yang sangat bagus, tetapi kurangnya minat mahasiswa untuk memegang amanah ini. Pada tahun yang sama, ia ditunjuk menjadi Menteri di Ristek IHAMAFI oleh Sekretaris Jenderal tepat ketika pelaksanaan Musyawarah Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Fisika Indonesia. Anak pertama dari pasangan Suradi dan Partiyem ini tidak hanya menerima amanah di organisasi itu saja. Sebelumnya juga sudah pernah mendapat amanah sebagai Sekretaris Umum di lembaga dakwah di Fakultas MIPA dan staf ahli di organisasi tataran kampus. Hingga kini, ia masih tetap menjalani kehidupan perkuliahan sambil berorganisasi. Selain itu, Elwin juga mendapat amanah sebagai Ketua Umum di himpunan mahasiswa daerah yang ada di daerah asalnya yaitu Himpunan Mahasiswa Padangan dengan anggota alumni SMA di Padangan dan sekitarnya (Bojonegoro bagian barat) yang berdomisili di seluruh Indonesia.

Elwin Purwanto di Jurusan Fisika UB mempelajari lebih lanjut mengenai Geofisika. Dan saat ini ia mengerjakan tugas akhir dengan tema geofisika. Ia memilih Geofisika karena kacintaan terhadap kegiatan keluar ruang seperti ke gunung, hutan, pantai, dan lokasi-lokasi lain yang menantang. Hal ini sesuai dengan yang dipelajari di geofisika terutama ketika kegiatan kuliah lapang. Selain itu, ia juga suka mempelajari mengenai kebumian yang selalu terlihat menarik baginya. Namun dalam pelaksanaan perkuliahan, ia lebih sering menjadi asisten praktikum di laboratorium elektronika. Ini juga sesuai dengan kesukaannya akan dunia elektronika.

Elwin memiliki mimpi yang sangat besar di masa mendatang yaitu untuk membangun Negeri melalui pembangunan desa dan daerah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan demi memajukan kesejahteraan rakyat terutama di daerah asalnya yaitu Bojonegoro. Saat ini di Bojonegoro sudah dilakukan pengeboran minyak oleh Mobil Cepu Ltd yang dipegang oleh Exxon dan Pertamina serta beberapa perusahaan daerah lainnya. Dengan adanya kegiatan pengeboran minyak ini membuat kakak dari Dita Tia Rini semakin semangat dalam mewujudkan harapan-harapannya. Harapan besarnya yaitu mampu membangun Desa Mandiri yang dilihat dari kemandirian bidang energi, pangan, kesehatan, lingkungan, dan pastinya kemandirian ekonomi. Sehingga nantinya bisa menjadi desa percontohan bagi desa lainnya dan harapannya kedepan mampu diterapkan di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar